Wireless Network

Cara Mengamankan Jaringan Nirkabel Anda

Cara Mengamankan Jaringan – Orang-orang memiliki waktu yang lebih fleksibel berkat jaringan nirkabel. Berkat penemuan nirkabel. Orang-orang sekarang dapat bekerja dari rumah sambil merawat anak-anak mereka atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Tidak ada lagi stres dari kemacetan lalu lintas. Apakah ini hebat?

Nah, ada sesuatu yang harus Anda sadari. Bekerja dari rumah saat menggunakan jaringan area lokal nirkabel (WLAN) dapat mengakibatkan pencurian informasi sensitif dan peretas atau penyusupan virus kecuali tindakan pencegahan yang tepat diambil. Saat WLAN mengirim informasi melalui gelombang radio, seseorang dengan penerima di wilayah Anda mungkin menerima transmisi dan dengan demikian mendapatkan akses ke komputer Anda. Mereka dapat menginstal virus di laptop Anda yang dapat ditransfer ke jaringan perusahaan saat Anda kembali bekerja.

Baca Juga |  Pengantar Peralatan Barcode

Percaya atau tidak! Hingga 75 persen pengguna WLAN tidak memiliki fitur keamanan standar, sementara 20 persen dibiarkan terbuka sepenuhnya karena konfigurasi default tidak aman tetapi dibuat untuk mengaktifkan dan menjalankan jaringan mereka sesegera mungkin. Selalu disarankan untuk menyiapkan perute/titik akses nirkabel melalui klien berkabel.

Anda dapat mengatur keamanan Anda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Baca Juga |  Teknologi Monitor Bayi

1. Ubah kata sandi administrator default pada perute/titik akses nirkabel menjadi kata sandi yang aman.

2. Aktifkan setidaknya enkripsi WEP 128-bit pada kartu dan titik akses. Ubah kunci WEP Anda secara berkala. Jika peralatan tidak mendukung setidaknya enkripsi WEP 128-bit, pertimbangkan untuk menggantinya. Meskipun ada masalah keamanan dengan WEP, ini mewakili tingkat keamanan minimum dan harus diaktifkan.

3. Ubah SSID default pada router/titik akses Anda menjadi nama yang sulit ditebak. Atur perangkat komputer Anda untuk terhubung ke SSID ini secara default.

Baca Juga |  Perangkat Lunak Cadangan Gratis Free

4. Setel router/titik akses untuk tidak menyiarkan SSID. SSID yang sama perlu diatur secara manual di sisi klien. Fitur ini mungkin tidak tersedia di semua peralatan.

5. Blokir permintaan atau ping Internet anonim. Pada setiap komputer dengan kartu jaringan nirkabel, properti koneksi jaringan harus dikonfigurasi untuk mengizinkan koneksi ke Jaringan Titik Akses Saja. Koneksi PC-ke-PC (peer-to-peer) tidak boleh diizinkan.

Aktifkan pemfilteran MAC. Menolak untuk mengasosiasikan dengan jaringan nirkabel untuk alamat MAC yang tidak ditentukan. Alamat Mac atau Fisik tersedia melalui pengaturan koneksi jaringan perangkat komputasi Anda dan secara fisik ditulis ke kartu jaringan. Saat menambahkan kartu/komputer nirkabel baru ke jaringan, alamat MAC harus didaftarkan pada router/titik akses. Fitur firewall harus diaktifkan pada router jaringan dan fitur zona demiliterisasi (DMZ) harus dinonaktifkan.

Baca Juga |  Suara Mengklik Hard Disk

Semua komputer harus memiliki firewall pribadi yang dikonfigurasi dengan benar selain firewall perangkat keras. Anda juga harus memperbarui firmware router/titik akses saat versi baru tersedia. Ini juga membantu untuk menempatkan router/titik akses jauh dari orang asing sehingga mereka tidak dapat mengatur ulang router/titik akses ke pengaturan default. Anda bahkan dapat mencoba menempatkan router/titik akses di tengah gedung daripada di dekat jendela untuk membatasi jangkauan sinyal di luar gedung.

Baca Juga |  Game Komputer dalam Kehidupan Anak

Tidak ada jaminan bahwa jaringan nirkabel Anda akan terlindungi sepenuhnya, tetapi mengikuti tip yang disarankan ini pasti dapat mengurangi risiko Anda terpapar penyerang yang menargetkan jaringan tidak aman.