Cara Bertahan Hidup tanpa Penghasilan saat Pandemi COVID-19

Cara Bertahan Hidup tanpa Penghasilan saat Pandemi COVID-19

Cara Bertahan Hidup tanpa Penghasilan saat Pandemi COVID-19 – Pandemi COVID-19 ini, memanglah bukan saat yang gampang. Kita bertemu dengan rintangan kesehatan dan ekonomi dalam sekali saat yang sama. Oleh karenanya, dalam periode kritis ini, secara automatis penataan keuangan jadi lebih penting dibanding awalnya.

Ikut sedih untuk karyawan yang dengan mau tak mau telah di-PHK oleh tempat kerjanya, kamu yang dalam periode tidak dibayar karena tidak bisa bekerja (unpaid leave), atau kamu yang ketar ketir di rumah menanti anjuran dari management atas. This too shall pass. Hal ini berat tetapi bukan maknanya tidak dapat kita lewati. Buat kamu yang dalam periode tidak terima pendapatan, berikut langkah yang dapat kita kerjakan supaya keuangan tetap terkontrol.

Baca Juga |  Meningkatkan Followers Instagram Bisnis dengan Murah

Cara Bertahan Hidup tanpa Penghasilan saat Pandemi COVID-19

1. Stay Calm dan Positive

Ini ialah hal paling penting dari semua. Memang terkesan silly, tetapi betulan dech. Akan susah atur apa saja jika kepala kamu telah telanjur penuh dan cemas. Masih tetap tenang dan konsentrasi pada jalan keluar.

2. Susun dan Hitung

Saat ini waktunya kita lakukan hitung. Bila kamu mempunyai utang atau angsuran yang perlu dibayar, waktunya atur apa dan tanggal jatuh temponya. Disamping itu, kalkulasi ongkos setiap hari yang harus tetap kita bayar. Seperti ongkos makan, air dan listrik. Ongkos yang harus dikeluarkan untuk kelangsungan hidup setiap hari.

Baca Juga |  Meningkatkan Followers Instagram Bisnis dengan Murah

Berkenaan ongkos setiap hari, berikut waktunya kekuatan minimalis, kreasi dan resilient berperanan. Misalnya, jika biasa kalian makan daging rendang tiap hari. Kemungkinan ini dapat dihemat jadi 1 kali satu minggu, atau bahkan juga tidak benar-benar dan ditukar dengan menu yang lain sesuai bujet.

3. Memakai Dana Genting

Setelah lakukan perhitungan ongkos yang perlu dikeluarkan tiap bulannya, dengan keadaan tidak sedang terima pendapatan pasti membuat depresi. Ini ialah waktunya kamu memakai dana genting. Samakan seberapa banyak dana genting yang dipunyai, dengan keperluan bulanan.

Baca Juga |  Meningkatkan Followers Instagram Bisnis dengan Murah

Bagus. Maknanya kamu akan banyak belajar pengalaman dari hidup yang ini. Kamu belajar penting management keuangan, pentingnya dana genting dan hopefully kamu memahami jika keadaan tidak terhindar sisi dari YOLO dan harus disiapkan.

4. Bertahan dan Let’s Bounce Higher

Ini waktunya kamu terbuka dengan kesempatan lain. Kemungkinan kamu akan mempunyai tanggapan, hah? Kesempatan lain bagaimana, orang ini kan kembali pada di PHK. Dalam periode survival semacam ini, ini ialah waktu untuk selalu usaha, bukan menjadikan sebagai argumen untuk berserah.

Baca Juga |  Meningkatkan Followers Instagram Bisnis dengan Murah

Coba eksploitasi usaha dropshipping, reseller, program afiliasi pemasaran atau kerja sama. Jika memang perlu, coba benahi CV dan masih tetap usaha melamar ke sejumlah perusahaan yang malah lakukan hiring karena operasinya bertambah sekarang ini.

5. Berjiwa Sosial

Meskipun dalam periode semacam ini, tentu saja kita tahu apakah yang jadi fokus utama kita sekarang ini. Namun, tidak berarti kita jangan share dana sosial. Sudah pasti ini bisa kita kerjakan. Apa lagi, tidak cuma kita yang kesulitan, dan pasti kebaikan ini akan bermanfaat untuk yang terima dan kita yang share.

Baca Juga |  Meningkatkan Followers Instagram Bisnis dengan Murah

Sebagai anjuran, dalam share dana sosial, masih tetap arif dalam penghitungan. Janganlah sampai ini membuat kamu tidak bertanggungjawab dengan yang semestinya diprioritaskan.

Inilah Cara Bertahan Hidup tanpa Penghasilan saat Pandemi COVID-19, Semoga bermanfaat.

Originally posted 2021-09-04 19:51:15.