Contoh Usaha Mikro yang Bisa Kamu Kembangkan

Contoh Usaha Mikro yang Bisa Kamu Kembangkan

Contoh Usaha Mikro – Walau jarang-jarang disebutkan, usaha micro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai salah satunya roda pendorong ekonomi di Indonesia. Bahkan juga sebuah survey pada tahun 2017 sempat mengatakan, jika sekitaran 60% nilai barang atau jasa di negara kita datang dari bidang UMKM.

Peristiwa ini pasti membesarkan hati ingat modal yang diperlukan untuk membuat sebuah UMKM tidak besar. Salah satunya tipe UMKM yakni usaha micro sebuah usaha dengan asset kurang dari Rp50 juta tapi berpotensi omzet sampai Rp300 juta.

Jadi tak perlu bingung jika banyak yang berminat untuk meningkatkan mode usaha ini dan mendapat keuntungan optimal. Bagaimana, berminat untuk terjun di usaha rasio micro? Sebagai rekomendasi, berikut pembahasan mengenai contoh-contoh usaha micro yang dapat kamu bangun.

Contoh Usaha Mikro yang Bisa Kamu Kembangkan

1. Laundry Kiloan

Walau telah banyak yang terjun di bagian ini, tapi kekuatan profit usaha laundry masih janjikan. Kamu dapat awali dengan beli 3 unit mesin pencuci dan 1 unit pengering, 1 unit setrika, rack baju, etalase, detergent dan pewangi, dan kertas nota. Untuk tempat, gunakan ruangan atau tempat kosong di dalam rumah.

Baca Juga |  Branding dan Komunikasi Karyawan

Bermodal sekitaran Rp10 sampai Rp20 juta saja, usaha laundry kiloan dapat datangkan omzet seringkali lipat semakin besar. Usaha ini berpotensi besar, apa lagi bila lokasinya dekat sama teritori kamar kos, project, atau perkantoran.

2. Bisnis Kuliner Rumahan

Manfaatkan ketrampilan mengolah atau baking, kamu dapat mengawali usaha kulineran rumahan bermodal optimal sekitaran Rp5 juta saja. Sebagai taktik marketing, gunakan sosial media untuk promo. Kekuatan keuntungan salah satunya contoh usaha micro ini lumayan menjanjikan karena makanan terhitung keperluan primer.

Supaya keuntungan yang didapat semakin besar, tidak boleh sangsi untuk bereksperimen dari sisi resep atau packaging. Bukan mustahil usaha yang awalannya beromzet kurang dari Rp10.000.000 bisa mengalami perkembangan menjadi satu diantara usaha menengah yang dikenali beberapa orang.

Baca Juga |  Cara Memanfaatkan Hobi Sebagai Peluang Usaha

3. Fashion Online Shop

Selainnya makanan, baju termasuk juga keperluan yang kerap dicari orang. Gunakan ini dengan buka toko pakaian online dan memasarkannya di sosial media atau marketplace. Supaya modal yang diperlukan tidak besar, sebagai langkah pertama coba untuk hunting distributor baju atau konveksi yang akurat.

Walau tidak mempunyai merk, sekarang ini ada banyak distributor baju dengan harga terjangkau dan berkualitas. Ini sudah pasti membuat modal yang kamu mengeluarkan tidak besar. Untuk tingkatkan kekuatan, bikinlah branding-mu sendiri atau gunakan packaging yang memikat.

4. Bisnis Souvenir, Hantaran, dan Mahar Pernikahan

Usaha yang lain dapat kamu bangun ialah kreativitas souvenir, hantaran, dan mahar pernikahan. Untuk membuat usaha micro ini, kamu memerlukan modal sekitaran Rp1.000.000 sampai Rp5.000.000. Bermodal sekecil itu, kekuatan profit usaha ini lumayan menjanjikan.

Baca Juga |  Branding Produk : Tahapan Perpindahan Bisnis dari Offline ke Online

Supaya berlainan dengan usaha souvenir yang lain, kita dapat membuat bermacam kerajinan tangan baru yang unik. Kamu bisa juga bereksperimen dengan sediakan packaging estetik yang memikat. Ini bukan hanya membuat produk kita mempunyai keunikan sendiri tapi juga berpotensi omzet optimal.

5. Toko Kelontong Online

Contoh usaha micro yang lain dapat kamu bangun bermodal kecil ialah toko kelontong. Di toko itu, kamu dapat jual beragam keperluan primer dan setiap hari. Walau sekarang ini minimarket tumbuh subur, tapi ada banyak yang lebih suka belanja di toko kelontong.

Untuk membikin usaha berlainan dengan lainnya, lakukan versus online toko kelontongmu di marketplace atau sosial media . Maka tanpa pakai repot keluar dari rumah, konsumen setia dapat beli keperluan harian mereka dari rumah. Kekuatan keuntungan toko kelontong online ini lumayan menjanjikan apa lagi bila kamu ingin bereksperimen dan cukup stabil.

6. Jual Ayam Potong

Kekuatan ekonomi usaha ini lumayan besar ingat banyak yang tertarik dengan makanan dengan bahan dasar daging ayam. Masalah modal, tak perlu cemas. Kamu perlu keluarkan dana sekitaran Rp1.000.000 sampai Rp2.000.000 untuk meniti usaha ini.

Baca Juga |  Acara Perusahaan

Sebagai langkah pertama, mulai usaha ini dari rasio kecil dengan manfaatkan tempat kosong di muka rumah atau sewa sepetak tempat di halaman ruko. Dengan marketing yang pas, bukan mustahil kamu dapat meningkatkan usaha skala kecil ini jadi usaha yang semakin besar.

7. Usaha Minuman Kemasan Unik

Bermodal minimum dan packaging unik coba untuk terjun di usaha minuman paket. Kamu dapat membuat teh, susu, boba, kopi, atau minuman lain di dapur rumahmu sendiri lalu mengepaknya ke botol-botol unik. Usaha seperti ini kelihatan tidak begitu janjikan. Tetapi dengan marketing yang pas, siapa yang tahu kita dapat menjadi satu diantara perintis usaha minuman unik dengan omzet janjikan.

Baca Juga |  4 Cara Menaikkan Omset Bisnis Lewat Media Sosial

8. Warmindo

Warmindo atau warung makan yang khusus jual beragam olahan Indomie terakhir sedang terkenal di kelompok anak muda. Modal yang diperlukan untuk meningkatkan usaha ini cukup dapat dijangkau, apa lagi bila kita dapat manfaatkan ruangan kosong atau halaman di dalam rumah sendiri.

Supaya berlainan dengan umumnya Warmindo, kamu dapat bereksperimen dalam soal menu yang dihidangkan. Kekuatan profit usaha Warmindo sendiri dapat capai Rp100.000.000 dengan taktik marketing yang akurat. Jadi tak perlu sangsi untuk manfaatkan media sosialmu supaya sasaran pasar makin luas.

Inilah Contoh Usaha Mikro yang Bisa Kamu Kembangkan. Semoga bermanfaat.